March 25, 2021 By splinterssportspub.com 0

Panduan Lengkap untuk Perawatan Burung Peliharaan

Sold for a song - BBC NewsBanyak spesies burung memiliki umur yang sangat panjang. Dengan nutrisi yang tepat, perawatan di rumah, dan pemeriksaan dokter hewan secara teratur, hewan peliharaan unggas Anda mungkin bisa hidup lebih lama dari Anda. Panduan ini menawarkan gambaran umum tentang perawatan burung di rumah.

Perawatan Dasar (Peternakan)

Menampung burung Anda di lingkungan yang sesuai adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk memastikan hewan peliharaan yang sehat dan dapat menyesuaikan diri dengan baik. Kandangnya harus kokoh, terbuat dari bahan berkualitas tinggi, dan cukup besar untuk menampung ukuran burung. Burung harus bisa melebarkan sayapnya dari semua sisi dan tinggi sangkar minimal 3 kali lebih tinggi dari burung. Jarak antar jeruji seharusnya tidak memungkinkan burung untuk masuk ke dalam kepalanya. Beberapa tempat bertengger dengan berbagai ukuran harus disertakan, tetapi terlalu banyak kekacauan harus dihindari. Kami tidak merekomendasikan tempat bertengger yang tertutup pasir karena dapat merusak kaki burung. Direkomendasikan agar seluruh kandang, termasuk tempat bertengger, dibersihkan dan didesinfeksi minimal dua kali sebulan.

Berbagai macam substrat dapat digunakan di dasar kandang, koran, kantong kertas, atau kertas sobek, semuanya merupakan pilihan yang baik dan relatif mudah untuk diganti. Jika digunakan serutan atau kenari yang dihancurkan, parutan harus diletakkan di atasnya untuk mencegah burung berdiri di samping serutan. Tempat tidur harus sering diganti, setidaknya dua kali seminggu, untuk mencegah jamur, jamur, atau bakteri tumbuh dan berpotensi menginfeksi hewan peliharaan Anda. Sangat sulit untuk mengobati infeksi pada burung peliharaan, meskipun mudah untuk mencegah infeksi, hanya dengan menjaga kandang dan aksesorisnya bagus dan bersih!

Makanan segar, air, buah-buahan, dan sayuran harus disediakan setiap hari. Pengumpan juga harus dibersihkan setiap hari. Buah atau sayuran apa pun harus dibuang setelah 2-4 jam untuk mengurangi kemungkinan pertumbuhan bakteri, yang cenderung tumbuh pada makanan lunak pada suhu kamar. Lihat bagian kami tentang nutrisi untuk detail lebih lanjut tentang buah dan sayuran apa yang direkomendasikan dan mana yang harus dihindari.

Tingkah laku

Kebanyakan burung adalah hewan sosial, lebih suka berada di sekitar burung lain dan bahkan manusia. Mereka membutuhkan banyak sosialisasi setiap hari. Burung yang dibiarkan sendiri tanpa persahabatan dapat mengembangkan beragam perilaku yang tidak dapat diterima dan terkadang berbahaya. Vokalisasi yang berlebihan (menjerit) dan memetik bulu adalah yang paling umum. Semakin lama seekor burung menunjukkan perilaku ini, semakin sulit untuk memperbaikinya. 

Nutrisi

Nutrisi yang tepat adalah hal terpenting dalam kesehatan burung. Secara umum, kami merekomendasikan pakan pelet tanpa biji sebagai sumber nutrisi utama untuk sebagian besar spesies burung pendamping. Panduan berikut adalah untuk sebagian besar spesies Burung Beo dan Burung Song yang biasanya dipelihara sebagai hewan peliharaan.

Pelet – Pelet diet lebih baik daripada diet biji total. Namun ada berbagai perusahaan yang memproduksi pakan pelet untuk burung dan mereka bervariasi dalam hal protein, energi, kandungan lemak, keberadaan pewarna dan pengawet buatan, dll. Sebagian besar perusahaan memang memproduksi berbagai ukuran untuk mengakomodasi burung dengan ukuran berbeda. Pelet ini biasanya diformulasikan, dan diberi label, untuk setiap spesies burung.

TIDAK-TIDAK – Sama sekali TIDAK ADA kafein, alkohol, cokelat, atau alpukat. Zat ini beracun dan dapat membunuh burung Anda.

Dalam Moderasi – Gula, garam, lemak, dan produk susu. Burung bisa menjadi gemuk, terutama mengingat gaya hidup yang lebih santai yang dinikmati oleh sahabat berbulu kita jika dibandingkan dengan burung liar. Burung dapat mengembangkan penyakit jantung, jadi pikirkan “jantung sehat” yaitu rendah lemak dan rendah garam. Burung tidak memiliki enzim yang memungkinkan pencernaan laktosa, sehingga secara teknis burung tidak dapat mencerna produk susu. Burung menyukai produk susu dan tidak masalah memberi mereka sedikit, selama tidak mempengaruhi tinja mereka.

Sayuran – Memberi makan berbagai sayuran akan memberikan spektrum vitamin dan mineral yang lebih besar untuk burung Anda. Sayuran pahit – selada daun merah atau hijau, sawi putih, escarole, mustard, dandelion, collard greens, dan kale – adalah yang paling seimbang dalam hal menawarkan berbagai vitamin dan mineral makanan. Sayuran berwarna oranye memiliki kandungan Beta Karoten tinggi yang diperlukan untuk perkembangan bulu dan pergantian sel kulit yang normal. Pikirkan tentang “memberi makan pelangi”, karena warna yang berbeda mencerminkan berbagai nutrisi, vitamin, dan kandungan mineral dari makanan hewan peliharaan Anda. Anda juga bisa menambahkan optimaxx vitamin burung untuk meningkatkan performa peliharaan anda.

Buah – Buah sebagian besar mengandung gula dan air dan tidak memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral burung. Mereka bisa digunakan sebagai suguhan, hadiah, dan bujukan.

Biji – Biji tinggi minyak dan lemak, dan kurang vitamin / mineral yang dibutuhkan burung. Pikirkan mereka sebagai “makanan sampah burung” dan berikan dengan hemat, seperti untuk hadiah!

“Makanan manusia” – Kebanyakan orang terkejut mengetahui bahwa mereka dapat berbagi makanan dengan burung peliharaan mereka, selama tidak berlebihan dan Anda mengikuti beberapa pedoman. Cobalah roti gandum, sereal sarapan yang diperkaya (non-gula), pasta, daging, telur, dan kacang-kacangan bersama burung Anda. Ingatlah bahwa apa pun yang dimasak perlu didinginkan sebelum disusui, jadi uji suhu di pergelangan tangan Anda seperti yang Anda lakukan pada botol bayi sebelum memberikannya kepada teman unggas Anda. Anda mungkin terkejut mengetahui apa yang disukai burung Anda seperti halnya Anda!

Mungkin perlu beberapa saat bagi burung Anda untuk menerima makanan baru dan Anda mungkin harus “mengajari” mereka bahwa apa yang Anda tawarkan adalah untuk dimakan. Burung Anda mungkin awalnya curiga pada makanan yang tidak dikenalnya, jadi bersabarlah dan gigih. Coba metode berbeda jika perlu. Misalnya, Anda dapat memicu minat dengan mencicipi makanan di depan burung peliharaan Anda dan menunjukkan betapa enaknya makanan itu!

Tanda-tanda Penyakit

Beberapa tanda umum bahwa burung peliharaan Anda sakit antara lain: bulu-bulunya terus mengembang, duduk di dasar kandang, nafsu makan berkurang, kesulitan bernapas (ekor terombang-ambing), memetik bulu, vokalisasi berkurang, atau perubahan perilaku yang nyata. Sebagian besar burung sakit parah pada saat mereka mulai menunjukkan gejala apa pun, jadi jika hewan peliharaan Anda menunjukkan tanda-tanda sakit, segera hubungi kami di 540-943-7577.

Sebagian besar spesies burung pendamping adalah hewan mangsa di alam bebas. Oleh karena itu, mereka biasanya akan berusaha menyembunyikan tanda-tanda penyakit selama mungkin, dan perilaku ini dapat menyulitkan pemilik untuk mendeteksi penyakit yang muncul pada burung peliharaannya. Pemeriksaan fisik tahunan merupakan bagian penting untuk menjaga kesehatan burung peliharaan Anda dan mendeteksi tanda-tanda awal penyakit. Tanda-tanda penyakit yang paling umum pada burung termasuk bulu berbulu halus, duduk di dasar kandang, nafsu makan menurun, kesulitan bernapas (ekor terayun-ayun), memetik bulu, penurunan vokalisasi, dan perubahan nyata pada perilaku khas mereka. Kebanyakan burung sakit parah pada saat mereka mulai menunjukkan gejala penyakit.

Satu pengecualian untuk aturan identifikasi penyakit ini termasuk penyakit hati; Burung yang mengalami penyakit ini sering kali memiliki paruh yang tumbuh terlalu banyak. Jika paruh burung Anda terlihat panjang dan besar, tes darah mungkin diperlukan untuk mengetahui masalah kesehatan yang mendasari burung peliharaan Anda. 

Pemeriksaan Burung Baru

Jika Anda membawa burung peliharaan ke rumah Anda untuk pertama kalinya, dokter hewan  menyarankan Anda untuk memeriksakan kesehatannya saat memperkenalkan mereka ke lingkungan baru.  Merekomendasikan pemeriksaan awal, skrining parasit usus, dan pemeriksaan darah dasar untuk teman baru Anda. Jika Anda sudah memiliki burung lain, sebaiknya Anda tidak memperkenalkan burung baru ke hewan peliharaan yang ada sampai pemeriksaan kesehatan lengkap dilakukan. Bergantung pada usia burung baru Anda, di mana Anda memperolehnya, dan penampilan umumnya secara keseluruhan, dokter hewan kami dapat merekomendasikan pengujian tambahan untuk membantu memastikan burung baru Anda dapat dengan aman diperkenalkan ke hewan peliharaan unggas Anda yang lain.