April 24, 2021 By splinterssportspub.com 0

Pemasaran Musik – Hal Penting dari Perangkat Pers Musik yang Efektif

Sebagai musisi independen yang sedang berjuang di pasar yang sangat padat dan sangat kompetitif, tidak perlu dikatakan bahwa Anda harus menonjol dari kerumunan. Ada banyak cara untuk melakukannya. Ada publisitas musik, promosi radio, kehadiran tur yang ekstensif, serta pemasaran musik dan promosi musik yang maha kuasa. Anda perlu menyebarkan pesan Anda –period.

Menyampaikan pesan pemasaran musik Anda di luar sana adalah satu hal, tetapi menyampaikan pesan yang tepat di luar sana adalah hal lain. Citra profesional Anda sebagai seniman independen sangat penting untuk mengatasi persaingan. Sebagian besar band independen dan artis independen memiliki semacam perlengkapan pers musik atau perlengkapan promosi musik yang mereka gunakan untuk tujuan promosi. Umumnya, musisi akan menggunakan kit media musik cetak tradisional, kit pers digital (DPK), atau EPK (Electronic Press Kit) online. Tapi seberapa profesional dan meyakinkan mereka?

Pertanyaan yang sering diajukan yang selalu saya dapatkan dari artis dan musisi independen saya adalah jenis press kit apa yang harus kita buat? Jenis alat pers musik apa yang paling berhasil dan paling mengesankan serta efektif? Jawaban atas pertanyaan itu bergantung pada beberapa hal.

Yang saya maksud dengan ini adalah saya merekomendasikan untuk membuat dan memelihara dua jenis kit pers – kit pers cetak atau digital, dan kit pers elektronik. Alasannya sederhana. Outlet media tertentu, label, tempat, perusahaan manajemen musik, dll. Lebih memilih kit pers cetak atau kit pers digital dengan CD lengkap Anda sehingga dapat didengarkan juga pada peralatan stereo efisiensi tinggi untuk mendapatkan efek penuh dari musik Anda dan produksinya kualitas. Yang lain memilih agar kantor mereka tidak dipenuhi tumpukan peralatan pers, dan metode yang mereka sukai hanyalah meninjau musik Anda secara online. Untuk mendengarkan lagu secara offline di smartphone, Anda bisa download lagu mp3 di situs Gudang Lagu Stafaband yang bisa download lagu super cepat dan terbaik, gratis dan terpercaya.

Untuk alasan yang baru saja disebutkan, kami menyarankan Anda membuat kit pers cetak atau digital dan memilikinya secara online juga. Benar-benar tidak ada apa-apa untuk membuat EPK online, jadi mengapa tidak membuatnya tersedia. Ada beberapa layanan EPK yang sangat bagus di luar sana dan harganya hanya beberapa dolar per bulan. Tapi saya menekankan fakta bahwa EPK (Electronic press kit online) saja tidak cukup. Anda masih harus memiliki cetakan tradisional atau kit pers digital di gudang promosi musik Anda.

Penting untuk disebutkan bahwa kit pers Musik Anda mungkin adalah alat promosi Anda yang paling berharga dan perlu ditanggapi dengan sangat serius. Selain CD dan pertunjukan langsung Anda, biasanya kesan pertama Anda sebagai artis akan diterima oleh label, tempat, dan outlet media musik lainnya. Ada banyak firma seni grafis yang berspesialisasi dalam persiapan kit promosi media yang mungkin ingin Anda pertimbangkan jika anggaran Anda memungkinkan. Jika tidak, untuk beberapa dolar, sedikit kreativitas, serta waktu dan tenaga, Anda dapat melakukannya sendiri. Berikut adalah elemen dasar dari kit pers cetak dan kit pers elektronik, dan sarana profesional yang digunakan untuk melakukannya.

Dalam versi kit pers musik cetak tradisional Anda, elemen yang disertakan adalah sampul yang dirancang secara profesional dengan logo atau foto Anda, surat pengantar pengantar, biografi Band atau Artis, foto promosi glossy profesional berukuran 8 x 10- hitam dan putih, fitur media artikel dan siaran pers, ulasan album dan lembar kutipan, pemutaran panjang penuh Anda, atau CD demo yang direkam secara profesional, lembar CD-satu industri, kartu nama, dan amplop berlabel profesional. Perlengkapan yang dibutuhkan adalah kertas stok tebal, sampul portofolio, amplop besar, label alamat, kartu nama, dan foto mengkilap 8 x 10 Anda. Sekarang, inilah cara menyusun kit pers cetak.

SAMPUL DAN SURAT PENDAHULUAN:
Perlengkapan pers musik profesional Anda harus memiliki sampul yang mengesankan. Ini harus menyertakan foto artis, nama artis, dan informasi kontak artis. Semacam sampul buku. Anda juga harus menyertakan surat pengantar pengantar. Ini akan memperkenalkan Anda sebagai artis yang menyatakan sedikit tentang diri Anda. Jangan terlalu spesifik dalam surat ini, biarkan saja di bio dan media lain yang akan Anda masukkan.

Pastikan Anda mengirimkan surat itu kepada satu orang tertentu – – menjadi pribadi itu penting. Ini memberi kesan tampilan non-cookie cutter dan Anda merasa outlet media, label, tempat, atau agen musik ini memiliki arti penting. Pastikan di bagian atas atau bawah surat ini Anda telah menyertakan informasi kontak lengkap Anda atau informasi kontak perwakilan artis Anda. Surat pengantar harus dimasukkan tepat di dalam sampul kit sebelum informasi lainnya. Informasi kontak juga harus disertakan di kanan bawah pada setiap halaman dalam kit promo musik.

Biografi Artis atau Band:
Halaman berikutnya atau halaman informasi pertama dari kit media musik akan menjadi halaman biografi artis Anda. Di sini Anda harus memasukkan sejarah singkat artis atau band, sedikit tentang setiap anggota jika itu adalah band lengkap. Ini tidak boleh lebih dari satu halaman dan tidak boleh menjadi sejarah panjang band tetapi hanya sinopsis singkat tentang apa yang telah Anda capai dan ke mana Anda berencana untuk pergi. Lebih penting lagi, Anda harus memasukkan hal-hal seperti pertunjukan atau tur penting, kontes yang dimenangkan, pemutaran radio, atau pencapaian apa pun yang menurut Anda patut dicatat dan dapat mengangkat Anda di atas orang lain dalam hal popularitas dan perkembangan. Jaga agar tetap sederhana, ringkas, dan bermakna. Jika tidak ada penulis di antara Anda atau teman Anda, kami sangat menyarankan agar biografi band Anda ditulis untuk Anda oleh copywriter musik profesional. Ini sangat penting dan harus profesional.

Bagian Media dan Pers:
Halaman-halaman berikut dalam kit promosi musik Anda harus berupa media dan pers. Ini pada dasarnya adalah klip penting dari artikel fitur apa pun yang mungkin pernah Anda terima di majalah industri musik, atau surat kabar. Jangan berlebihan. Sertakan hanya klip media yang benar-benar menonjolkan Anda sebagai artis. Pilih lima klip terbaik yang Anda miliki dan pastikan mereka direproduksi secara profesional. Memperhatikan membuat orang jengkel yang menerima kit ini lebih dari salinan media yang bengkok dan ceroboh. Banggalah dengan kualitas kitnya. Partisi tembus pandang plastik harus digunakan untuk masing-masing item.

Review Album dan Lembar Penawaran:
Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memasukkan review bagus dari CD Anda dan kutipan yang Anda terima terkait CD atau penampilan Anda. Halaman ini harus ditata secara profesional dengan judul yang dikategorikan. Satu harus Review -Album dan yang lainnya harus Quotes. Jangan lupa memberi tanda kutip sebelum dan sesudah setiap ulasan dan kutipan.

CD: Album Lengkap, EP, atau Demo Rekaman Profesional:
Ada beberapa cara berbeda untuk memasang CD ke kit pers musik Anda. Jika portofolio Anda memiliki selongsong di bagian belakang, Anda bisa memasukkannya ke sana. Cara lain adalah dengan menggunakan strip Velcro yang ditempatkan di bagian belakang CD dan dipasang di suatu tempat di bagian dalam sampul belakang. Namun ini bukan metode yang disarankan. Terutama jika sampul belakang CD Anda memiliki informasi penting yang tercetak di atasnya. Jika Anda menyertakan rekaman berdurasi penuh atau EP (Pemutaran Diperpanjang), harapannya adalah Anda telah meluangkan waktu untuk merilis rekaman profesional sehingga profesionalismenya siap dihentikan. Namun jika Anda hanya menggunakan CD demo, sangat penting untuk memperhatikan hal-hal berikut:

– Pastikan kualitas rekaman profesional (Tidak ada barang basement)
– Pastikan kualitas produksi seprofesional mungkin
– Sertakan tidak lebih dari 3 lagu, mungkin empat dari yang terbaik
– Tempatkan dalam urutan terbaik
– Lakukan beberapa kemiripan dengan seni sampul dan pelabelan profesional
– Pastikan informasi kontak Anda ditampilkan di demo
– Jika Anda benar-benar ingin memastikan, periksakan ke ahlinya

CD- Industri Musik Satu Lembar:
Jika Anda menyertakan CD dari album atau EP berdurasi penuh yang direkam secara profesional dan dirilis secara komersial daripada itu, ada baiknya untuk melampirkan satu lembar industri musik. One-Sheets biasanya digunakan selama proses distribusi musik, tetapi dengan melampirkannya, penerima press kit Anda lebih memahami rekaman Anda yang sebenarnya. Satu lembar biasanya berisi foto sampul album, judul album, nama artis, deskripsi singkat tentang rekaman tersebut, daftar lagu, kode UPC, titik harga, dan beberapa hal lainnya. Catatan dalam satu lembar harus memuat informasi tur, pemutaran radio, beberapa kutipan, dan beberapa hal lainnya. Satu lembar harus ditulis dan diproduksi secara profesional karena merupakan barang yang umumnya dapat sampai ke tangan orang-orang yang sangat penting.

Kartu Nama dan Amplop Profesional dan Pelabelan:
Jika Anda atau perwakilan Anda memiliki kartu nama yang juga harus dilampirkan ke folder di suatu tempat. Setelah paket selesai dibuat, paket harus ditempatkan dalam amplop profesional dengan alamat tercetak dan label alamat pengirim. Ini mungkin tampak sangat memakan waktu dan Anda mungkin berpikir, mengapa saya tidak bisa menulis alamat penerima saja. Nah, itu terlihat ceroboh dan tidak profesional dan ingat apa yang kami katakan tentang ceroboh. Banyak orang bahkan tidak mau membuka paket jika terlihat tidak profesional di luar. Beberapa mungkin menyebut kami anal-retentif, tetapi kami mendapatkan hasil dengan menggunakan metode profesional ini.

Beberapa catatan penting untuk membantu Anda memaksimalkan kit pers musik cetak Anda.
Satu hal yang perlu Anda ingat adalah banyak hal yang terus berubah dengan Anda sebagai seniman. Artikel fitur baru, tur nasional baru, gambar / foto baru yang lebih diperbarui, dll. Oleh karena itu, begitu Anda menyelesaikan versi pertama dari kit pers musik Anda, Anda tidak akan pernah selesai. Terus perbarui dengan materi baru dan foto baru untuk pengiriman selanjutnya. Ingatlah bahwa kit pers musik Anda tidak akan pernah selesai. Ini sedang dalam proses.

Orang-orang tersesat dalam pengacakan. Pastikan untuk menyampaikannya kepada mereka dan menjadi yang terdepan dari rentetan perlengkapan pers musik yang mereka terima.

Kit Pers Musik Digital (DPK):
Kit Pers Digital umumnya berisi informasi yang sama dengan kit pers musik cetak tradisional, meskipun memiliki kemampuan untuk memungkinkan Anda menambahkan lebih banyak tanpa terlalu penuh. Pada dasarnya semua informasi Anda, bio Anda, artikel media, musik, kutipan, dll. Disimpan di CD Rom sebagai file. DPK, karena keahlian tertentu yang terlibat dalam pemrograman, seni grafis, dll, mungkin harus dilakukan secara profesional. Kecuali tentu saja Anda, anggota band lain, atau seseorang yang Anda kenal, mahir melakukan ini. Manfaat DPK sangat jelas. Mereka tidak mengambil kertas, tidak ada portofolio, tidak ada foto kertas, atau media cetak apa pun. Semuanya digital. DPK biasanya disimpan dalam wadah DVD yang memiliki karya seni profesional. Jadi masih ada unsur seni grafis yang terlibat pada sampul dan stempel CD. Secara keseluruhan, DPK adalah alternatif yang baik untuk kit pers musik cetak.

Electronic Press Kit (EPK):
Electronic Press Kit, lebih dikenal sebagai EPK pada dasarnya adalah versi online dari materi promosi Anda – semacam situs web tetapi tidak sepenuhnya. Ini mirip dengan DPK hanya karena semua file dan grafiknya digital. Anda pada dasarnya membuat EPK seperti Anda membuat situs web. Namun ada beberapa layanan bagus di luar sana yang menyediakan editor WYSIWYG berbasis template yang pada dasarnya memberi Anda kesempatan untuk mengunggah file Anda. Biasanya ada bagian untuk biografi Anda, foto Anda, pers Anda, musik Anda, video Anda, dan persyaratan backline Anda. EPK adalah sesuatu yang harus Anda gunakan selain kit pers cetak atau musik digital Anda.
Kit pers apa pun yang Anda putuskan untuk digunakan, harap diingat bahwa kit tersebut harus direproduksi dan disiapkan secara profesional. Ini adalah kesan pertama Anda, jadi Anda harus membuatnya menjadi bagus.