March 5, 2021 By splinterssportspub.com 0

Roda Sepeda Terbaik untuk Sepeda Anda

Roda sepeda dikategorikan menurut penggunaan utamanya. Menggunakan cara kategorisasi ini ada empat kategori roda. Ini adalah roda balap, roda sepeda gunung, roda BMX dan roda sepeda jalan raya. Masing-masing tipe ini memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri yang spesifik untuk tujuannya. Jika Anda seorang penggemar bersepeda, penghobi, atau pengendara sepeda yang berlomba memperebutkan emas, Anda harus lebih mengenal berbagai jenis roda.

Roda sepeda balap

Dalam pembuatan atau pembuatan roda sepeda jenis ini ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan agar tercapai performa yang optimal saat balapan. Faktor-faktor tersebut adalah aerodinamika, bobot, inersia rotasi, kehalusan dan kekakuan bantalan. Setiap faktor harus selalu dalam skor yang sempurna agar pengendara sepeda balap dapat mencapai garis finish pertama.

Roda sepeda gunung

Sepeda gunung sesuai dengan namanya sangat cocok untuk medan off road dan medan yang tak kenal ampun seperti pegunungan dan perbukitan. Oleh karena itu, sangatlah penting agar roda sepeda ini tepat dengan lingkungan yang rusak. Ada dua jenis roda yang dikembangkan yang termasuk dalam kategori ini – ini adalah roda 26 dan 29 inci.

Roda 26 inci adalah pilihan paling umum dan terbaik untuk bersepeda off road. Ketebalannya sempurna untuk dataran pegunungan yang berbahaya. Pelek khas 26 inci memiliki diameter 559 mm (22,0 “) dan diameter ban luar sekitar 26,2” (665 mm). Ini yang terbaik untuk pengendara sepeda ringan.

Untuk pengendara sepeda berat, roda sepeda 29 inci adalah pilihan terbaik. Peleknya yang tebal dan diameter yang lebih besar dapat menopang pengendara berat dan dapat bertahan lebih lama dalam balapan off road. Roda sepeda gunung jenis ini juga sesuai dengan 700C yang populer digunakan pada sepeda lintas alam untuk jarak yang lebih jauh. Diameter peleknya 622 mm (~ 24,5 inci) identik dengan kebanyakan sepeda jalan raya, hibrida, dan touring, tetapi biasanya diperkuat untuk ketahanan yang lebih baik dalam berkendara off-road.

Roda sepeda jalan 700C

Roda sepeda jalan raya 700C sangat cocok untuk touring, bersepeda lintas alam, dan bahkan untuk balap. Ini menyerupai roda 29 inci tetapi jauh lebih lebar dan jauh lebih kokoh dibandingkan dengan yang terakhir.

Roda BMX

Roda Sepeda Motocross (BMX) biasanya berdiameter 20 inci dengan diameter pelek 406 mm. Roda BMX berukuran kecil karena beberapa alasan. Untuk yang satu ini cocok untuk pengendara muda dan kecil sehingga menjadi sepeda pilihan bagi anak-anak yang ingin belajar bersepeda. Karena BMX adalah olahraga ekstrim, ukuran roda yang kecil membuatnya lebih kuat terhadap beban tambahan yang ditimbulkan oleh lompatan dan aksi BMX. Juga ukurannya mengurangi inersia rotasi dan meningkatkan akselerasi roda.

Yang disebutkan di atas adalah kategorisasi utama dari berbagai roda sepeda menurut penggunaannya. Sebagai penggemar bersepeda, pengetahuan tentang jenis roda yang tepat merupakan komponen penting dalam keberhasilan usaha bersepeda Anda.